Tank dan MLRS akan jaga perbatasan

Category: Berita terbaru

Tank tempur Scorpion
Tank Scorpion TNI AD

Pangdam VI/Mulawarman MayjenTNI Dicky Wainal Usman mengatakan tank - tank Scorpion akan menjaga kawasan perbatasan Republik Indonesia dengan Malaysia sepanjang 1.600 km di wilayah Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat.

" Tank Leopard masih ditempatkan di Pulau Jawa "
kata Pangdam VI/Mulawarman MayjenTNI Dicky Wainal Usman di Balikpapan, Senin.

Tank Leopard 2A6 adalah pembelian baru alutsista TNI, merupakan tank tempur utama (Main Battle Tank) dengan bobot hingga 62 ton. Sebanyak 100 Leopard 2A6 dibeli langsung dari pabriknya di Jerman dengan harga total 280 juta dolar AS.

Awalnya, pemerintah berencana menempatkan Leopard di Bulungan, Kalimantan Utara, dan di Kalimantan Barat, masing-masing satu batalion kavaleri dengan 44 tank.

" Sebagai gantinya, kita tempatkan 2 kompi Scorpion "
lanjut Panglima.

Scorpion tersebut diperkuat dengan satu kompi Tank AMX 13.

Menurut Panglima Dicky Wainal Usman, Tank Scorpion cocok untuk menjaga daerah perbatasan karena bisa bermanuver dengan cepat dan gesit. Dibandingkan dengan Leopard, Scorpion dan AMX adalah tank ringan dengan bobot hanya 25 ton.

" Kami tempatkan juga di Kutai Barat selain di Bulungan, Kalimantan Utara "
ujar Panglima Dicky Wainal Usman.

Tank-tank Scorpion tersebut akan tiba pada pertengahan tahun ini. TNI AD yang punya 50 unit sedang mempersiapkan pengirimannya dari Jawa.

Tank Scorpion adalah tank ringan buatan Inggris. Badannya bukan dari baja, tetapi dari aluminium aloy, bahan yang banyak digunakan untuk peralatan keselamatan dan petualangan seperti karabiner.

Dengan ketebalan bodi 12,7 mm, Scorpion sanggup menghadang peluru 7,62 mm yang ditembakkan dari jarak 12 meter,atau peluru kaliber 105 yang dilepaskan dari jarak 30 meter. Bodi juga tahan pecahan bahan peledak berdaya ledak tinggi (high explosive) untuk melindungi personel yang diangkutnya.

Awaknya cukup 3 prajurit. Pada tank TNI-AD, persenjataan utama adalah sebuah meriam Cockerill 90 mm buatan Belgia yang lebih ampuh dari meriam aslinya, L23A1 76 mm. Scorpion juga menyandang senapan mesin Coaxial 7,62 mm, dan juga bisa ditambah misil antitank.

Dengan kecepatan maksimal 80 km per jam, Scorpion di Bulungan bisa mencapai Simenggaris di garis batas dengan Sabah, Malaysia, kurang dari 4 jam bila ngebut tanpa henti.

Peluncur Roket Astros II
Multi Launching Rocket System (MLRS) ASTROS II

TNI juga menempatkan peluncur rudal MLRS Astros II (multi launching rocket system) di Berau untuk mengamankan Kutai Barat di barat dan Nunukan di timur.

" Itu juga sudah meng-cover perbatasan "
kata Panglima.

Dengan demikian, Panglima menjelaskan alutsista TNI diperbatasan mampu mengimbangi kekuatan tempur negara tetangga, ditambah lagi dengan penambahan sejumlah Panser Anoa di Samarinda yang akan memudahkan mobiliasasi personel pasukan.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi pelanggaran batas wilayah di jalur darat, termasuk penyeludupan barang terlarang seperti narkoba, KodamVI Mulawarman menambah 12 pos baru pengamanan perbatasan.

" Jadi kita ada 29 pemantauan perbatasan. Tahun 2012 tambah dua, pada 2013 tambah 6 sampai12 lah. Posisi pemantauan ini kita buat rapat utamanya di area blank spot, dari Long Apung ke barat sampai Datah Dawai "
demikian kata Panglima Dicky Wainal Usman.

Sumber : Republika

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

28 responses to "Tank dan MLRS akan jaga perbatasan"

Bujank [09:35 AM, 08-Jan-13]

lha gtu..semakin garang aj indonesia..da yg lwati pembatas. tembak aj...Dooor2.. biggrin

http://bujank.mywapblog.com/9-penemuan-ilmuwan-islam-yang-mempengaru-2.xhtml

Tutorial Blog dan Master SEO [09:53 AM, 08-Jan-13]

Kunjungan perdana .
Salam kenal biggrin

Saya tunggu kehadiran sobat di blog saya wink


http://rivan.heck.in/mau-bikin-website-hosting-murah-abizz-ke.xhtml

Kidz [10:41 AM, 08-Jan-13]

kara2 apal kang gening uing teh MayjenTNI, lol

hikmatiar [10:45 AM, 08-Jan-13]

nyir alus uy weweg kr kandang meri

kidzib [10:50 AM, 08-Jan-13]

Rekreasi apa piknik ?pake alasan jaga perbatangan ah

kidzib [10:50 AM, 08-Jan-13]

Rekreasi apa piknik ?pake alasan jaga perbatangan ah

Zy Fauzy [10:58 AM, 08-Jan-13]

wios t kang di tmpakan ku urang.

Aep Aveiro [11:15 AM, 08-Jan-13]

wahh keren..
thnks infonya sob..

Yogi Wirawan [12:25 PM, 08-Jan-13]

jalan tikus akan selalu ada bro.. Sepintar2nya masang jebakan, tikus ga pernah lewat tempat yg sama untuk kegagalan...

Waspadalah...

Waspadalah ranger

λλάάη ρέήġκσlάή [01:32 PM, 08-Jan-13]

nyimak

Ebie Sanjaya [02:34 PM, 08-Jan-13]

hadir nyimak sob! biggrin

Kim Herdin [03:16 PM, 08-Jan-13]

Wah indonesia akan tapmbah mantap nhe

Mels Salawasna [04:16 PM, 08-Jan-13]

Hade tah kang. . .

One's [06:46 PM, 08-Jan-13]

sae kang biggrin

metonfo [07:30 PM, 08-Jan-13]

mantap mantap biggrin, semoga blog ini makin sukses Sobat wink

ditunggu kehadirannya di :

www.metonfo.net/gangstar-2-miami-vindication-hd.xhtml

Derwati Cyberz Net [08:36 PM, 08-Jan-13]

mang absen ti simkirung nya hhe..

Dheamira Chie'lutchu [07:44 AM, 09-Jan-13]

blh pinjem gk. tank nya. bwt falestina. biar bs gempur israelbiggrin

Zona Game Ponsel [08:11 AM, 09-Jan-13]

sukses trus pertahanan NKRI.

Van yaschwein [12:10 PM, 09-Jan-13]

jaga terus perbatasan jgn sampai negara tetangga mengambil sejengkalpun tanah wilayah kita . . . .

JSCheeta [12:16 PM, 09-Jan-13]

awesome.

JSCheeta [12:18 PM, 09-Jan-13]

i love army

JSCheeta [12:23 PM, 09-Jan-13]

MAYBE I LOVE YU. kiss

Fana Mutiara Timur [02:30 PM, 09-Jan-13]

Good kangsmile

Fana Mutiara Timur [02:31 PM, 09-Jan-13]

Good kangsmile

Aditya666 [03:30 PM, 09-Jan-13]

kunjungan pertama gan..

Jika brkenan mampir ke gubug ane

andi [09:14 PM, 14-Feb-13]

mbt malaysia vs light tank indonesia

Aa'tri [08:44 AM, 06-Mar-13]

Klo bsa d buatkan pager bton stinggi 33m tbal3.3m panjang 1.600m,hehe...

uka [10:24 PM, 04-Jun-13]


Sya dkg tni semoga semakin cangih alustiti kita horas

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images