KRI Klewang 625 : KCR Trimaran Class Klewang

Category: KCR

KRI Klewang 625 merupakan Kapal perang teranyar yang memperkuat armada laut TNI, tepatnya mulai bergabung dengan TNI AL hari jumat kemarin ( 31/08 ), dan akan bertugas di armada kawasan timur, Surabaya.

KRI Klewang merupakan kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) yang pembuatanya dilakuan oleh PT. Lundin Industry Invest, Banyuwangi. Kelebihan kapal ini adalah mampu menyerap radar sehingga sangat sedikit bisa terdeteksi, selain itu juga Kapal ini memiliki tiga lunas yang biasa disebut Trimaran, sehingga kapal ini sangat stabil saat diterjang gelombang yang tentunya sangat cocok beroperasi di perairan indonesia. Kapal ini terbuat dari bahan dasar vinylester carbon fiber (infused), menggunakan teknologi maju di bidang pembuatan kapal perang antara lain kemampuan tidak terdeteksi oleh radar, tidak mengandung unsur magnet, serta tingkat deteksi panas dan suara yang rendah, jadi pantaslah kalau KRI Klewang menyandang predikat Kapal Siluman.

KRI Klewang merupakan Kapal perang Trimaran pertama produk dalam negeri yang memperkuat TNI AL, nama kapal ini sendiri di ambil dari nama pedang bermata tunggal tradisional Indonesia yaitu Klewang yang berasal dari Pulau Madura, dan kapal ini mempunyai nomer lambung 625. Untuk masalah persenjataan KRI Klewang 625 dilengkapi 4 buah rudal C-705 buatan china yang dalam waktu dekat akan diproduksi juga di indonesia, rudal C-705 memiliki kemampuan jarak tembak hingga 120 km sehingga KRI Klewang hampir menandingi kemampuan persenjataan Kapal Fregat.

kri-klewang.jpg
kri-klewang-625.jpg

Spesifikasi Kapal
  • panjang : 63 meter
  • panjang “water line” : 50,77 meter
  • panjang “water draft” : 1,17 meter
  • bobot mati 53,1 GT
  • kecepatan : 35 knot
  • mesin utama 4X marine engines MAN nominal 1.800 PK


Artikel lainya :
  1. KRI Nuku 873 : Korvet Class Parchim
  2. KRI Pati Unus 384 : Korvet Class Parchim
  3. Panser Canon 20mm Produk Pindad

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

15 responses to "KRI Klewang 625 : KCR Trimaran Class Klewang"

Rachi [09:22 PM, 01-Sep-12]

kunjungan malming gan...

kidzib [09:42 PM, 01-Sep-12]

ehem2 update ni ye!!kade ya rudal nyasar jendral

Eddy Mahendra [09:47 PM, 01-Sep-12]

Ini yang kemaren ad di berita ya sobt... Canggih nih kapal

WøΠknjøwø Møßile ßløqs [11:23 PM, 01-Sep-12]

hadr gan. Kunjungan tengah malam, nice info gan.

Amrsite [12:52 AM, 02-Sep-12]

Assalamu'alaikum Brader.....
Alhamdulillah atas izin Allah bisa berkunjung kembali....
------------------------
Siap perang!

区 KusManiak 人 [05:39 AM, 02-Sep-12]

mancappp truzz

JäñÜåRz ÐhÏÇkâ RåStäfáRà [07:04 AM, 02-Sep-12]

" Kunjungan Pagi mrgreen "
mantap Sob buat post'a smile
Maaf Tlat sad
kunball ane thunggu sob wink

azars mywapblog [10:37 AM, 02-Sep-12]

top gan

Khayz [02:50 PM, 02-Sep-12]

Hidup ind0nesia moga makin makny0s defend nya dch. .Ane ijin flow yha
keDatangannya sangat di nanti kan di gubuk cepi Khayz
http://khamywap.mywapblog.com

Dopleek Hollow [03:12 PM, 02-Sep-12]

perahu teh kos buntutmrgreen

тяιиιđαđ вυđιмди [04:36 PM, 02-Sep-12]

rudal 20 deui wae biggrin

pecinta produk indonesia [05:23 PM, 01-Oct-12]

aku bangga jd bangsa indonesia.....ini kapal canggih...hajar malaysia

Azhar [12:04 AM, 02-Oct-12]

MAntab, bikin lagi yang banyak. Biar malaysial ngeper

yohanes dani [11:41 AM, 04-Nov-12]

gimana 20 rudal? ntar tabung peluncurnya cepet panas dong jadi nggak tahan lama. Gw yang anak kecil gini udah tahu. tapi paling nggak itu pake kanon 100 mm bae biar kelihatan standar.

balax-6 [07:17 PM, 04-Nov-12]

@yohanes dani,
maksud 20 rudal itu yang mana sob?

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images