KOWAD : Korps Wanita Angkatan Darat

Category: Zona militer

logo-kowad.png
Logo KOWAD

Nama KOPASSUS dan sejarah pembentukan KOPASSUS mungkin sudah tidak asing lagi di telingan masyarakat indonesia, dan selalu identik dengan Angkatan darat (TNI AD), tapi mungkin masih jarang orang mengenal Nama KOWAD yang merupakan singkatan dari Korps Wanita Angkatan Darat, nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi info tentang sejarah Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD),mudah-mudahan bisa bermamfaat buat sobat-sobat smua.

Pembentukan Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) diilhami oleh hasil perjuangan para Pahlawan Wanita Indonesia yang ikut serta menegakkan kemerdekaan Indonesia dan usaha para pendahulu untuk meraih kemajuan bagi kaum wanita. Untuk itu pada tahun 1959 Asisten 3 personel Kasad Kolonel Dr. Sumarno menyampaikan gagasannya tentang penggunaan tenaga militer wanita untuk bidang- bidang penugasan tertentu yang membutuhkan ketelitian, ketekunan, kesabaran, dan sifat-sifat keibuan yang menjadi kodrat wanita untuk lebih mencapai afiliasi organisasi. Sebagai realisasi pembentukan Kowad dikeluarkan Surat Keputusan Pangad No.1056/12/1960 tanggal 21 Desember 1960, lahirlah Corps Wanita Angkatan Darat. Meskipun Kowad disyahkan pada tanggal 21 Desember 1960, namun Hari Kowad ditetapkan tanggal 22 Desember. Penetapan ini dimaksudkan karena pada tanggal 22 Desember 1938 dilangsungkan Kongres Wanita Pertama yang dikenal Hari Ibu, karena Hari Ibu adalah kehormatan bagi ibu Indonesia sebagai ibu keluarga, ibu masyarakat dan ibu bangsa, maka lahirnya Kowad diharapkan sebagai kebanggaan kaum ibu.

  • MOTTO KOWAD

"BUKAN MAWAR PENGHIAS TAMAN TETAPI MELATI PAGAR BANGSA" Merupakan semboyan/slogan yang tidak diartikan secara harfiah, berdasarkan konteks kalimat, tetapi merupakan khiasan yang mempunyai makna bahwa Kowad tidak berfungsi sebagai penghias lingkungan kerja tetapi merupakan prajurit wanita yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bersih hati, jujur, mempunyai sikap kemandirian yang tinggi, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi kodrat kewanitaannya serta penuh pengabdian terhadap Negara, Nusa dan Bangsa Indonesia.

  • SEMBOYAN-SEMBOYAN KOWAD
    " Walaupun militer tetap wanita, walaupun wanita tetap militer "
    " Tak lekang akan panas, tak lapuk akan hujan "

kowad2.jpg
foto-kowad.jpg

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

69 responses to "KOWAD : Korps Wanita Angkatan Darat"

Fikky Frediandika [09:33 PM, 04-May-12]

wah cantik2 prajuritnya biggrin

Master pelawak [09:34 PM, 04-May-12]

Wow... Cewek kaya gitu tentara.. Bangga deh.. biggrin

balax-6 [09:38 PM, 04-May-12]

biggrin mksh gan dah brkunjung

Febriant [09:42 PM, 04-May-12]

kalo menurut agan sendiri gmn tu....

kalo memurut ane sebaiknya ditiadakan...

wanita itu harusnya dirumah... masak ngurus anak...

kalo wanita jd aparat,,, siapa yg masak dong.... biggrin

balax-6 [09:47 PM, 04-May-12]

@Febriant,
kan ada suami..xixixilol

Karat04 [10:01 PM, 04-May-12]

Eta ni geulis lur tantara nu panghandapna lol

ᔝHeRmAn™SisXᔝ [10:10 PM, 04-May-12]

hadir mastr, wah mantap uy update trz nh, suces slalu mastr

Estu [10:20 PM, 04-May-12]

Wah kalo prajuritnya kaya gitu,mau dech jadi tawananya smile smile

Dopleek Hollow [10:26 PM, 04-May-12]

cantik juga:mgreen:gkgk

badrun [11:16 PM, 04-May-12]

info yang bagus gan mrgreen

Fery Fardiano [11:50 PM, 04-May-12]

kq unyu" yya biggrin biggrin

WøΠknjøwø melu ΠqÉßløq [12:06 AM, 05-May-12]

wah cantik2 pada pegan senjata.. Harusnya pegang peralatan dapur itu. Hehehe sori gan becanda

Hasan El-Malik [01:31 AM, 05-May-12]

Maaf telat,jaringan error mlululol


Yang senyem itu loohmrgreen

Muhammad Yassin [04:22 AM, 05-May-12]

Ijin nyimak kawan...sory telat...

hermawan_ajja [05:12 AM, 05-May-12]

nyimak

Rudi [05:27 AM, 05-May-12]

yang cuantik ada gak ya,,,,mau jadi in body guard ane,,,,hehehehehehe,,,,,,,

Achmad_99 [05:50 AM, 05-May-12]

waw. . .cakep2 yuah. . .eek

Gaara [06:08 AM, 05-May-12]

bagus sob infonya.
Nais post n met pagi hehehe

CbrInLove [06:09 AM, 05-May-12]

Selamat pagi ya sahabat mwb. Lanjutkan berkarya

Wirgun [06:49 AM, 05-May-12]

kunjungan gan, wanita tangguh ni biggrin

http://nokialounger.mywapblog.com/trik-gratis-three-untuk-java-s40-s60v2-s.xhtml

zitrex share [07:01 AM, 05-May-12]

wahh..
info yg bermanfaat gan..twisted biggrin

K U N C I N E R A K A [07:18 AM, 05-May-12]

''mantap brey..'' L A N J U T K A N biggrin lol

Кцлсцлк Ряоvосдтоя Лкдс [07:22 AM, 05-May-12]

gareulis heh wa mrgreen menta 1 keur cadangan wkwkwkkwkw

balax-6 [09:22 AM, 05-May-12]

Mksh atas kunjungan agan2 smua

★Riyan TwiBoys™★ [11:05 AM, 05-May-12]

lebih cantik dari pada perempuan biasa , kunbal ditunggu

Rachi [11:44 AM, 05-May-12]

cantik dan tangguh sob..

uchant [11:58 AM, 05-May-12]

nyimak aja bro emang slalu mantap post x
sucses biggrin

chant.mywapblog.com/opera-mini-61-indosat-s60v2-super-ngebut.xhtml

balax-6 [12:03 PM, 05-May-12]

@★Riyan TwiBoys™★,
@Rachi,
@uchant,
mksh kunjungnya gansmile

Proletar [01:09 PM, 05-May-12]

Mottonya bagus. "Bukan mawar penghias taman tetapi melati pagar bangsa" smile

Mike Shinoda LP™ [03:23 PM, 05-May-12]

hadir gan...smile

waw...ada yg perempuan juga? bru tau...

cakep2 lagi...eek

Nova widiastuti [02:45 PM, 16-May-12]

masa baru tau...................main k fb ak mknyaaaaaaa

balax-6 [02:50 PM, 16-May-12]

@Nova widiastuti,
sip lah..biggrin ntar saya mampir

eva yusrika [01:15 PM, 22-Jun-12]

saya ingin jdi sprti ne,,,,,,,,,,,
yg tak takudt yg nma_y hujan dan panas.

yadzi [11:18 AM, 10-Jul-12]

saya ingin cari calon dari kowad kiranya ada ga ya...

balax-6 [06:16 PM, 10-Jul-12]

@yadzi,
buat calon apa gan biggrin

ellen fredicka [08:01 AM, 16-Jul-12]

sakitnya kalo rambutku mesti dibkin gitu

pasidin [04:47 AM, 01-Aug-12]

Aku bangga pada kowad,meskipun wajahmu garang tapi hatimu lembut.

lya [12:11 PM, 27-Aug-12]

kowad selalu d hati tetap semangad

ANDI DA VINCI muka tikus [10:25 AM, 02-Sep-12]

SLM HRMT dr'u :THE BIGMOUSE als : ANDI DA VINCI mukatikus tingkatkan KWALITAS TUGAS mu dalam menjaga kedaulatan NKRI...

Anoem cie noemimoto [02:04 PM, 04-Sep-12]

Walau garang namun menawan
kowad. .wanita banget

tuty [07:07 PM, 26-Sep-12]

yang frofesional ya...! dek ! Sukses doa kami dari pasirjati

s_falincia@yahoo.com [10:11 AM, 27-Sep-12]

wanita gak harus di rumh
wanit jga hrus berkarir smile

s_falincia@yahoo.com [10:11 AM, 27-Sep-12]

wanita gak harus di rumh
wanit jga hrus berkarir smile

Liea utamhy [01:37 PM, 06-Oct-12]

Cantik,,,manis laghe

dessy [10:21 PM, 09-Oct-12]

wahhh,,,mba gw tuu yg baret merah,,,KOMANDO!!!!

yosy [10:31 AM, 10-Oct-12]

aku mau jadi kowad juga ahh,. . Semoga terwujud.. Aminn smile
thanks infonya smile

april [05:05 PM, 10-Oct-12]

gmna kak jadi kowad enak g.....

retno sari [05:09 PM, 10-Nov-12]

kpn ea q bs jd kyk gtouuu.......?????

balax-6 [02:21 PM, 11-Nov-12]

@retno sari,
tinggal daftar, langsung jadi biggrin

Hasim [08:45 AM, 18-Nov-12]

Cantik cantik juga..

culxs [05:54 PM, 28-Nov-12]

maju terus kowad ,harum kan nma bangsa

punjabi munda [11:54 PM, 07-Dec-12]

i like her..woow. Brave women..............************

servise [01:41 AM, 09-Dec-12]

cantik cerdas bangga

Helda sari [05:17 PM, 13-Jan-13]

mau sih jadi kowad

Hany [11:05 AM, 22-Jan-13]

Saya ingin masuk kowad !
smile mudah-mudahan tercapai
Amin

balax6 [12:06 AM, 23-Jan-13]

@Hany,
amieeen...

dety detrianti [10:10 AM, 30-Jan-13]

saya ingin menjadi kowad .
dan yakin pasti bisa smile

lupita sari [01:05 PM, 04-Feb-13]

my inspiration

Anita khasanah [11:10 AM, 05-Feb-13]

Good , trmasuk gue calon kowad

mala [09:53 AM, 23-Feb-13]

Share persyaratan masuk kowad dong wink

Via Habsari [11:33 AM, 01-Mar-13]

saya pngen bnget msuk kowad ..
itu cita-cita saya dan sangat didukung oleh kedua orangtua juga sluruh kluarga saya ..

mudah-mudahan saya bisa masuk seleksi
AMIN

ernayati [11:13 AM, 28-Mar-13]

cakep banet jd kowad ya,, jd pengen masuk kowad

Yhance Cece [12:33 PM, 28-Mar-13]

Pngeeeennn bnget masuk Kowad. .
Semoga sy bsa lulus untk thn ini. .

ajeng [08:53 AM, 02-Apr-13]

smoga aja aku jga cta cta nya jdi kowad suksess deh buat kowad trus berjaya

siphra [03:24 PM, 18-Apr-13]

keren

abdi [11:01 AM, 28-May-13]

jangan lupa ibadahnya

fauzan [01:59 PM, 28-May-13]

fauzan yakin mbak taat beribadah kok

gugun [05:28 PM, 13-Dec-13]

Indonesia harus bangga, akan ada kowad, karena mereka. Mengikuti jenjang ibu kartini ,salam berjuang, moga slalu dilindungi allah.

gama [06:15 PM, 13-Dec-13]

Bagus yah jadi seorang militer, apa lagi cewe, waa jadi kebangga'an indonesia..

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images