KFX/IFX : Jet siluman produk Korsel dan Indonesia

Category: Pesawat Tempur

kfx.jpg

Pesawat KFX/IFX atau Korea Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment adalah pesawat siluman yang proses pembuatanya dikerjakan oleh pemerintah indonesia dan korea selatan, dalam kerjasama ini juga terdapat alih teknologi dari korea selatan selaku pencetus rancangan pesawat, sehingga diharapkan kedepanya pemerintah indonesia bisa memproduksi sendiri pesawat KFX/IFX yang merupakan pesawat generasi 4,5 setingkat dengan F-18 milik USA, dengan kata lain pesawat KFX/IFX lebih canggih dari pesawat F-16 serta sukhoi.

kfx-ifx.jpg

Kerjasama pembuatan KFX/IFX dimulai pada tahun 2009 ditandai dengan pengiriman 37 teknisi untuk tahap awal proses alih teknologi. Mereka terdiri atas 6 pilot pesawat tempur TNI A U, 3 orang dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemhan, 24 teknisi dari PT Dirgantara Indonesia, dan 4 dosen teknik penerbangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada tahap awal pembuatan dilakukan proses pengembangan teknis pesawat yang sekarang sedang berjalan dan ditargetkan pada tahun 2013 proyek ini sudah dapat menghasilkan prototype pesawat, dan untuk tahap selanjutnya dilakukan pengembangan mesin dan manufaktur yang diharapkan pada tahun 2020 sudah selesai dan siap produksi.
Menurut rencana proyek ini akan menghasilkan 150 unit pesawat dengan anggaran 8 miliar dolar, dan indonesia hanya menyumbang 1,6 miliar dolar, sehingga dari 150 unit indonesia mendapatkan 50 unit pesawat KFX/IFX. memang kalo dilihat dari hasilnya kita hanya mendapatkan 1/3nya saja, tapi yang terpenting disini adalah proses transfer teknologinya.

Kerjasama ini telah membangkitkan gairah industri pertahanan dalam negeri, dan memantapkan posisi indonesia sebagai salah satu negara yang diperhitungkan dunia.



Baca juga :

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

45 responses to "KFX/IFX : Jet siluman produk Korsel dan Indonesia"

Grimlock Cyber [09:36 AM, 27-May-12]

newbie nyimak ja master
jika ada wakt di mohon mampir ke gubuk ane mrgreen

Gaara [09:44 AM, 27-May-12]

akhirnya indonesia hohoho... Punya beginian

Noffa Az™ [10:01 AM, 27-May-12]

Hadr sob,, nymak ja, di tnggu kunbalnya
http://srenk.heck.in

Hasan El-Malik [10:08 AM, 27-May-12]

kira-kira perangnya kapan sobmrgreen

siap komandan!

Pay Akhmad [10:12 AM, 27-May-12]

pertamax

balax-6 [10:22 AM, 27-May-12]

@Grimlock Cyber,
siap gan,mksh dah sempet mampirsmile

balax-6 [10:24 AM, 27-May-12]

@Hasan El-Malik,
udah mulai sob,perang ma koruptor g ada abisnyabiggrin

Arsenalfc [10:26 AM, 27-May-12]

Hadir sob!!
Nyimak aja
aye tunggu kunbal nya

Fikky Frediandika [10:28 AM, 27-May-12]

Amin, Indonesia pasti bisa buat sendiri smile

Dheamira Chie'lutchu [10:44 AM, 27-May-12]

amin .kalo bs pinjem jetnya bwt ngebom malaysia.. dan koruptor smile aq gemes bgt ma mrk berdua xixi.kea org ajj

balax-6 [10:46 AM, 27-May-12]

@Dheamira Chie'lutchu,
ntar tunggu aj kalo pesawatnya dah rampungbiggrin

Dopleek Hollow [10:48 AM, 27-May-12]

perang donksadgkgk

Riyan Twiboys™ [11:02 AM, 27-May-12]

nice post ,

Kidz [11:21 AM, 27-May-12]

Inget bahela uy, ari nempo kakapalan teh, bs keur letik nyieun tina kertas wink

☆ HeRmAn™SisX☆ [11:49 AM, 27-May-12]

wah pgn bli nh wat adik ane wat maen kpl2nbiggrinbiggrin mantap master mga tmbh suces

Łįέs ρяόνόсάтόя бįяl [12:38 PM, 27-May-12]

Seandai nyaaa biggrin

Hatta [12:41 PM, 27-May-12]

Bagusss !

Mang Ujanx|Bookmarkers us mwb [12:42 PM, 27-May-12]

ijiin bookmark dulu sob,...

Ludy [12:47 PM, 27-May-12]

nyimak sob smile

zitrex share [01:48 PM, 27-May-12]

semoga lancar..
& mempererat hubungan antara indonesia & korea..smile arrow idea

Ervan Setiawan [01:49 PM, 27-May-12]

siang Gan ! Jet siluman ? Serem judulnya ! Hehe Thanks 4share ..

M FIRDAUS Chelsea Fans Club [02:10 PM, 27-May-12]

nice post bro,,mrgreen

dtnggu kunbalnya,,smile


KTBFFH

HumorOrNot [02:16 PM, 27-May-12]

Jet hhehe...

Folbacknya ya ..
Blognya dah difollow kok cheesy-grin

Mike Shinoda LP™ [03:26 PM, 27-May-12]

haduh...telat nih sad
maaf sob...mrgreen

suksess teruss buat blognya....biggrin

Trisna Kaze [03:50 PM, 27-May-12]

wow, hebat. ane lagi blogwalking, untung bisa nyampe sini hahahaha kunbal ya. salam RANGER...!!! ranger

hermawan_ajja [05:50 PM, 27-May-12]

beda sangat ya
jet tni kita dgn
jet amerika,
jet amerika dan sekutunya
terdapat rudal2 yg besar2,dan
banyak, eh mreka2,malah melakukan
kerusakan dibumi

Fery Fardiano [06:57 PM, 27-May-12]

absen telat sob

WøΠknjøwø melu ΠqÉßløq [09:00 PM, 27-May-12]

wah slalu mantep gan, ngeri ku jadinya

speed hunterz [09:14 PM, 27-May-12]

manstab. biggrin GEMPur terUs kapten.. Dgn postingan2 keren mu.

Karat04 [09:26 PM, 27-May-12]

Malam brad sory telat tapi tetap hadir brad biggrin memberi suport.
Kalau sempat mampir lagi ya ke saung ane
down-arrow
http://karat04.heck.in
up-arrow
Terima kasih brad smile

K U N C I N E R A K A [10:08 PM, 27-May-12]

Assalamu'alaikum..

Kita suka hidup damai dan rukun !!
Tapi Lihatlah disini :

Post : Dalang Blog PEMBUAT ONAR DAN RUSUH DI MWB !!!
Url : http://kuncineraka.mywapblog.com/dalang-blog-pembuat-onar-dan-rusuh-di-mw.xhtml

http://KunciNeraka.MyWapBlog.Com

balax-6 [12:49 AM, 28-May-12]

Mksh buat semua sobat2 yang sudah berkunjung dan memberikan komentarnya,smoga kita smua selalu mendapatkan kebahagiaansmile

Muhammad Yassin [12:53 AM, 28-May-12]

keren..

Rudi [02:54 PM, 28-May-12]

kunjungan sore sob

KUMPULANLINK . PUN . BZ (Blognya Mbah Jambrong) [09:25 PM, 28-May-12]

kunjungan malam sob..smile,silakan berkunjung balik smile

Achmad_99 [05:38 AM, 29-May-12]

wah,ane tlat nih...cry

wah, mantap dah postnya...biggrin

suksess terus buat anda dan blognya...

nasrul >Anime vs s60v2< [05:44 AM, 29-May-12]

kunjungan pagi gan biggrin .. sad razz 8) MARI BUDAYAKAN BERKUNJUNG BALIK BLOG: www.ngomik.ngetik.net smile biggrin wink 8) razz sad confused exclaim question neutral eek TO ADMIN mhon knjungan n koment.x, mari saling brtukr link n follow folback. http://ngomik.ngetik.net

syahfiril [11:46 AM, 30-Aug-12]

sayangnya nih pesawat masih nembakin rudal...
belum bisa nembakin laser kayak di film2...

Angga [04:38 PM, 22-Sep-12]

Baguss
Tapi Amerika ama Rusia udah ada fighter generasi baru

balax-6 [09:06 PM, 22-Sep-12]

@Angga,
untuk indonesia pembuatan jet tempur generasi 4,5 sudah merupakan prestasi yang membanggakan, karna ini pertama kalinya industri pertahanan dalam negeri membuat pesawat jet tempur. Mudah2an bisa berjalan sesuai rencanasmile

ady [10:12 PM, 05-Nov-12]

wah ada pesawat siluman,
terus mana pesawat hantunya...?

Mr. SANJ1 [04:41 PM, 19-Dec-12]

Percuma ada pesawat tempur, kalo cuma jadi pajangan aj.... ("_”)

lalu s m. [06:45 AM, 20-Jan-13]

Sya dukung pralatan perang TNI. Buat nembakin koruptor yg hati ya bjat itu ya. smilesmilesmilesmile
smilesmilesmilesmile
smilesmilesmilesmile
smilesmilesmilesmile
smilesmilesmile

caoenk joskinos [12:43 PM, 21-Feb-13]

moga" tni makin jaya.©»«®¢«»®¡¿

Erick Haryadi [08:39 AM, 28-Aug-13]

Sy sbg bangsa Indonesia sgt menunggu kebangkitan industri pertahanan, dan kapan dpt terealisir....??? Kita PASTI mampu, krn banyak tenaga2 ahli kita skr bekerja di LN. Bangsa dan negara ini besar, kaya akan sumber Alam, Sayang KORUPSI merajalela shg rakyat menderita dan Negara banyak HUTANG.

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images