"Galau" Proyek KFX/IFX terhambat

Category: Berita terbaru

pesawat tempur indonesia

Proyek perancangan pesawat tempur generasi 4,5 KFX/IFX yang dikerjakan Korea dan Indonesia memasuki masa yang tak jelas. Kekuatiran ini terlihat setelah Pemerintah Korea Selatan memutuskan memotong anggaran proyek ini untuk 2013. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan ancaman dan keamanan regional yang telah sedemikian mengkuatirkan, serta pembatalan Turki yang semula akan ikut menanggung pembiayaan program ini.

Dipemberitaan media lokal korsel, terungkap, langkah drastis tersebut terpaksa diambil karena Korsel sudah tak sabar menunggu jet tempur masa datangnya muncul, sementara negara-negara di sekitarnya telah tampil dengan berbagai persenjataan baru yang mematikan. Mereka akhirnya mengaku berat menyandang beban tanggung-jawab pendanaan KFX/IFX sebesar 80 persen ( Indonesia menanggung 20 persen ) setelah Turki mengundurkan diri dari rencana keikutsertaannya. Korea Selatan tampak benar-benar cemas dengan kemunculan Sukhoi T-50 dari Rusia, indigenous stealth J-20 dari China, dan sebentar lagi ATD-X dari Jepang. Pengembangan roket balistik Korea Utara yang seakan tak terbendung AS – seperti Unha-3 yang akhir Desember ini akan diluncurkan pun ikut membuat mereka semakin panik.

Di tengah kepanikan itu, Korea selatan akan segera menjatuhkan pilihan untuk mengalihkan anggaran pertahanannya ke proyek pesawat tempur yang lebih canggih dari jet-jet tempur stealth yang dinilai menjadi ancaman serius bagi wilayah udaranya. Mereka akan segera memilih Boeing atau Lockheed Martin (LM) yang gencar menawarkan kerjasama pembuatan jet tempur generasi ke-5 yang diberi nama FX-III. Jika ini terwujud, FX-III akan menjadi jet tempur generasi ke-5 pertama yang dirilis Amerika untuk negara luar. Korea Selatan kabarnya telah menyiapkan 10 triliun won atau sekitar 8,96 miliar dollar untuk pembuatan 60 unit pesawat ini. Besar kemungkinan situasi keamanan regional akan mendorong pembuatan pesawat ini lebih cepat setahun, sehingga rakyat Korea Selatan bisa melihat pesawat ini terbang pada 2015.

Rencana pembuatan FX-III pernah dibicarakan pada 1990-an, namun terlupakan akibat terjangan krisis finansial dunia pada 1997 dan 2008. Oleh karena KFX melibatkan Indonesia, kelanjutan perancangan jet tempur yang telah dimulai sejak dua tahun lalu ini pun menempatkan Indonesia di persimpangan jalan. Pemerintah Korea Selatan tak pernah mengatakan proyek ini dihentikan, namun penghentian anggaran untuk proyek KFX/IFX dan beralihnya perhatian Korea Selatan ke program FX-III semestinya perlu dicermati secara serius oleh pemerintah indonesia.

sumber : Angkasa

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

22 responses to ""Galau" Proyek KFX/IFX terhambat"

fauzans [06:00 PM, 07-Dec-12]

sayang ea kalau batal..

HeRmaN SisX sLaLuAda [06:11 PM, 07-Dec-12]

hadir mastrbiggrin nymak aja ea, d tnggu post bokepnyabiggrin

Kidz [06:36 PM, 07-Dec-12]

hadir, bpk bupati garut ceng fikri damang ? lol

kidzib [06:39 PM, 07-Dec-12]

Perang2 http://kidzib.heck.in/kreta-api-vs-apv.xhtml

Fana Mutiara Timur [06:49 PM, 07-Dec-12]

Sekarang persenjataan rata2 mematikan bersifat masal ya mang?smile,jadi pengin buatsmile

balax-6 [07:12 PM, 07-Dec-12]

@Kidz,
*ermm*

Sugeng [07:47 PM, 07-Dec-12]

pertamax kan maksh ats infnya lanjutkan biggrin

SERBA ADA COM [08:13 PM, 07-Dec-12]

jelas galau dong...sob...sukses ya...

Sinyo [10:05 PM, 07-Dec-12]

assalamualaikum sob....
hadir buat ngisi absen malem aja,,
terus berkarya dan
sukses slalu...smile
jgn lupa mampir ada yg
baru lho !!!evil

right-arrowhttp://sinyo.yu.tl/ost-windows-8-lenka-daphne-willis.xhtml

KimHerdin [04:26 AM, 08-Dec-12]

Mantap banget shob,
maaf telat

Bujank [08:27 AM, 08-Dec-12]

kunjungan pagi..semoga indonesia tetep maju

HeRmaN SisX sLaLuAda [05:14 PM, 08-Dec-12]

bang mana nie requesan ane maria ozawa?? biggrin biggrin

Soni Bloger mwb [05:25 PM, 08-Dec-12]

wah gag adil ni hermansisx reques maria ozawa psti dikabulinni pokogx gw minta request yang pemerkosaan secepatnya di post gak pke tapi..

balax-6 [06:49 PM, 08-Dec-12]

Sabar aj, si ozawa nya lg nyuci dulubiggrin

Gamezz Boy [12:26 AM, 09-Dec-12]

kunjungan dini hari sob... Mklum ru pulng gawe.
Sukses sllu yea.

HeRmaN SisX sLaLuAda [07:10 AM, 11-Dec-12]

biggrin

Daehan Minguk Namdaemun Blog [05:13 AM, 19-Dec-12]

yah seharusnya indonesia mandiri dong,korsel kan lagi situasi genting dgn korut,apakah kita layak meminta bantuan ?

kirun cs [12:05 AM, 20-Dec-12]

kalau proyek kfx/ifx batal indonesia harus cari alternatif lain misalnya kerjasama dengan rusia atau cina untuk mengembangkan jet tempur IFX.

danang [09:49 AM, 31-Dec-12]

kalo indonesia ikut nimbrung di FX-III itu boleh gak ya? bsa kacau rencana indonesia untuk bsa buat pesawat tmpur canggih sendri. gmna pemrintah?

garis keras [03:19 PM, 31-Dec-12]

mendingan beli pakfa ja shob,dry pada nunggu proyek yg g' jelas itu....biar malon tambah atutttttt.

balax6 [06:49 PM, 31-Dec-12]

@garis keras,
yang dicari indonesia transfer tekhnologi dan dana yang terjangkausmile

Aa'tri [09:08 AM, 06-Mar-13]

Klo indonesia brani cba mlanglah sndri walaupun masih mmbuat prntotyp sja

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images