China bantu Indonesia pergi ke luar angkasa

Pemerintah China mengaku siap bermitra dengan Indonesia untuk mengembangkan program antariksa tanah air. Bahkan mereka telah berbicara dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terkait rencana pengembangan proyek tersebut.

Hal itu diungkap Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchao, yang ditemui VIVAnews, Selasa 30 Juli 2013 dikediamannya, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Liu menyebut pembicaraan yang dilakukan terkait dengan data-data yang diperoleh selama kapal luar angkasa mereka mengudara. "Kami sudah bertemu dengan perwakilan LAPAN dan membicarakan soal temuan dan data yang kami peroleh selama mengudara di luar angkasa, khususnya yang menggunakan kapal Shenzou-9 karena waktu itu turut membawa modul Tiangong1," kata Liu.

Kendati saat ini bidang antariksa Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan pesatnya perkembangan yang telah dicapai Negeri Tirai Bambu, namun Liu tetap optimistis satu saat Indonesia dapat melakukan hal serupa. Tetapi Liu menyadari untuk mengembangkan program antariksa dibutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang lama. "Anggaran yang diperlukan untuk mengembangkan bidang ini sangat mahal dan perlu dilakukan secara perlahan. China pun dulu juga begitu. Kami memulai program antariksa pertama di awal tahun 1970-an," kata Liu berbagi cerita. Masih menurut Liu, saat itu China memulai program antariksa dengan meluncurkan sebuah kapal luar angkasa yang membawa satelit kecil ke luar bumi. Usai berhasil dengan misi pertama Pemerintah China kemudian terus mengembangkan proyek tersebut. "Saya optimistis astronot Indonesia juga dapat menyamai kehebatan astronot China, begitu pun juga dengan program luar angkasanya," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, VIVAnews diberikan penjelasan singkat mengenai cara kerja kapal luar angkasa Shenzou-9 yang membawa modul Tiangong 1. Pesawat itu diluncurkan pada Juni tahun 2012 kemarin. Saat meluncur ada tiga awak astronot yang terdiri dari dua astronot pria dan satu wanita. Mereka adalah Jing Haipeng, Liu Wang dan Liu Yang. "Kapal ini terdiri dari dua kompartemen. Saat mereka berada di luar bumi, maka kompartemen ini akan terpisah. Namun sebelumnya para astronot akan pindah ke kompartemen bagian bawah, sementara kompartemen bagian atas akan tetap berada di orbit selama beberapa tahun," papar Liu yang m emberikan penjelasan kepada VIVAnews soal sistem kerja pesawat luar angkasa itu. Misi yang dibawa oleh kapal Shenzou-9 yakni untuk penelitian demi perkembangan ilmu pengetahuan manusia di bumi. Sejauh ini beberapa bidang seperti pertanian, teknik, dan kesehatan ikut diuntungkan melalui proyek luar angkasa China. Menurut laman Forbes Juni 2013, Pemerintah China secara resmi meluncurkan program luar angkasa pada tahun 1958. Namun Beijing kali pertama meluncurkan satelit yang mengorbit di bumi tahun 1970.

Misi berawak pertama mereka pertama kali diluncurkan tahun 2003 silam. Sementara Indonesia sebenarnya telah mengenal satelit, yakni Palapa tahun 1976. Bahkan tahun 1985, Indonesia hampir saja menerbangkan astronot pertamanya yakni Pratiwi Soedarmono. Namun sayang, rencana itu gagal usai musibah meledaknya pesawat ulang alik Challenger.

Sumber : VivaNews

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

11 tanggapan untuk "China bantu Indonesia pergi ke luar angkasa"

Kidz pada 03:23 AM, 02-Aug-13

rajin update na uy, hahaha siga hayang di hadiahan biggrin

Sinyo pada 03:37 AM, 02-Aug-13

wih bakalan bisa pergi keluar angkasa nie orang indonesia

λλάάη ρέήġκσlάή pada 03:43 AM, 02-Aug-13

mantep euy

Van yaschwein pada 05:06 AM, 02-Aug-13

enak ya, Indonesia sekarang terbuka dgn semua negara

balax6 pada 06:13 AM, 02-Aug-13

@Kidz,
Mumpung kr loba udud uy

Bujank pada 09:33 PM, 04-Aug-13

wah semoga kedepan nya gak mbulet dalam kemajuan indonesia...

http://bujank.mywapblog.com/7-tanaman-penangkal-santet-2.xhtml

hikmatiar pada 11:21 AM, 09-Oct-13

kan terbang pake sajadah bs gan?!

Łįέs ρяόνόсάтόя бįяl pada 06:01 AM, 13-Oct-13

hadir agan agan,,, mf tlt soal na tos jarang apdet di blog

n'chev pada 08:23 AM, 06-Nov-13

yang paling urgent kembangkan produksi rudal jarak jauh lapan dengan memanfaatkan bantuan cina, segera !

Wil pangeran cinta pada 01:04 PM, 21-Nov-13

indonesia it sebnarnya sudah sangat changih. Buktinya ulama ke arab dalam sekejap mata haha

ALUTSISTA MILITER pada 11:28 PM, 19-May-14

mantab. Lanjutkan.!! arrow

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar