BTR 80A : Ranpur Amphibi Marinir

btr-80a-tni.jpg

BTR-80 adalah pengangkut personel lapis baja beroda 8 x 8 yang dirancang dan diproduksi oleh Rusia. Produksi pertama dimulai pada tahun 1986, untuk menggantikan versi-versi sebelumnya, seperti BTR-60 dan BTR-70. Rusia merancang BTR-80 berdasarkan BTR-70. Kendaraan ini menggunakan mesin diesel V-8 turbo 260-hp.

Di indonesia BTR-80 sudah masuk jajaran Korps Marinir TNI AL sejak tahun 2000 dengan mengakusisi 12 unit BTR-80A. Kendaraan baja tersebut bertugas dengan Detasemen Kavaleri di dalam Brigade Marinir I. TNI AL mempersenjatai BTR-80 dengan meriam otomatis 2A72 kaliber 30 mm dan mitraliur PKT kaliber 7.62 mm. BTR-80 juga merupakan cikal bakal lahirnya APC Anoa produksi PT. Pindad.

Karakteristik umum BTR-80A
  • Awak : 10 personel
  • Panjang : 7,65 meter
  • Lebar : 2,90 meter
  • Tinggi : 2,35 meter
  • Berat : 13.6 ton
  • Senjata utama : KPVT 14.5mm
  • Senjata pelengkap : PKT 7.62mm
  • Mesin : Diesel V8 UTD-20 ( 260 hp )
  • Suspensi Roda 8×8
  • Kecepatan : 80 km/jam, dalam air 9 km/jam
  • Tenaga : 19 hp/ton
  • Daya jelajah : 600 km

Baca juga artikel sebelumnya tentang perlunya Sesama Blogger jangan saling mencaci

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

13 tanggapan untuk "BTR 80A : Ranpur Amphibi Marinir"

Cah Gapleh pada 11:57 AM, 01-Oct-12

BTR-80 ranpur amphibi marinir biggrin

fauzans pada 02:10 PM, 01-Oct-12

lol udah mampu buat npa mesti beli diluar negeri evil

kidzib pada 03:01 PM, 01-Oct-12

Bahan nya dari daging2rakyat ya gan?biggrin

kuncunk pada 04:17 PM, 01-Oct-12

wa nginjeum lah rek ka sawah biggrin

RoviAgus IDMS pada 04:18 PM, 01-Oct-12

hadir sob, kali ini ijin nyimak dulu..
maklum kunjungan disela kesibukan dunia nyata sob..
klo sempat silahkan berkunjung balik ke gubuk ane sob..
terima kasih..smilesmilesmile

Gotrex pada 04:26 PM, 01-Oct-12

Hadir sob. . .

D!Tnggu KUNBAL-nya. . .

ADA POST BARU. ,

Khayz pada 05:49 PM, 01-Oct-12

Keren kawan

Kidz pada 06:38 PM, 01-Oct-12

ari uing iraha, rek posting dai kang surprised

genggong pada 10:33 PM, 01-Oct-12

smua alutsista yg kita pnya jg buat rakyat juga,,,,mnjga keutuhan nkri

RevaLxXx pada 10:10 AM, 02-Oct-12

Mantap bray blognya...lanjutkan

Kidz pada 10:35 AM, 02-Oct-12

njir hade uy blog na update tiap poe wink

sixdik pada 08:39 PM, 03-Oct-12

MARINIR.......auuuah...3 yeSsssss

aryo yutaka pada 10:09 AM, 06-Oct-12

tambah lagi 2 bataliyon

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar